Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya berbicara di depan publik

Pentingnya berbicara di depan publik


“kemampuan berbicara di depan umum tidaklah dimiliki setiap orang, karena kemampuan ini berkaitan erat dengan citra pribadi. Biasanya, orang yang memiliki kemampuan ini sering disebut dengan “pemimpin”. Kemampuan berbicara di depan umum dapat dimiliki karena adanya bakat alam (sering disebut “dilahirkan”), dengan menjalani pelatihan, atau secara spontan muncul dalam situasi darurat (bersifat sementara).” (Ir. Kriswantoro Widiawan)

Seperti dikemukakan oleh Ir. Kriswantoro Widiawan, berbicara di depan public (umum) merupakan suatu kemampuan yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Artinya, tidak semua orang bisa tampil berbicara di depan public dengan baik. Banyak di antara mereka yang justru ketika tampil di depan public menjadi grogi, gugup, takut, cemas, berkeringat, gemetar, dan lain-lain. Akibatnya, apa yang disampaikannya pun tidak jelas, suara samar-samar, danpresentasinya membosankan. Inilah yang ditakuti oleh banyak orang ketika akan berbicara di depan publik.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda menjadi pintar berbicara di depan publik? Atau, dengan pertanyaan lain, bagaimanakah cara mengatasi grogi, takut, cemas, berkeringat, gemetar, dan sebagainya saat tampil di depan publik? Nah, untuk mengetahui jawabannya, Anda mesti bersabar dulu. Sebab, sebelum menyajikan tentang cara atau tips pintar berbicara cerdas di depan publik, terlebih dahulu saya ingin memperkenalkan pentingnya berbicara di depan publik. Mengapa Anda harus berbicara di depan publik? Apa itu public speaking? Seberapa pentingkah berbicara di depan publik? Apa tujuan berbicara di depan publik itu? Dan, seberapa sulitkah berbicara di depan publik itu?

Pengenalan seputar pentingnya berbicara di depan publik (public speaking) ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Dengan mengetahui arti penting, definisi, hakikat, dan tujuan public speaking, Anda akan semakin mudah mempelajari cara berbicara cerdas di depan  publik. Untuk itu, simaklah uraian detailnya berikut ini.

Posting Komentar untuk " Pentingnya berbicara di depan publik"