Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri

Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri


Berkuliah menjadi salah satu hal yang penting bagi semua orang, hal ini dikarenakan kuliah dapat menentukan masa depan anda supaya lebih tertuju dalam mencapai hal yang diinginkan. Dengan kuliah sudah bukan menjadi hal main-main lagi, anda akan lebih fokus untuk mencapai masa depan yang anda tentukan.

Fokusnya kuliah yaitu pada salah satu materi pembelajarannya yang tertuju pada jurusan yang diambil oleh mahasiswa. Mereka hanya diminta untuk memilih satu bidang yang menjadi minat dan bakat agar setelah lulus bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Ada banyak sekali mata kuliah yang bisa dipilih, salah satunya adalah teknik industri. Mata kuliah yang satu ini cukup menjadi daya tarik orang-orang karena memiliki prospek yang baik untuk kedepannya. Bagi anda yang tertarik dengan mata kuliah teknik industry bisa mempelajarinya lebih dalam di perguruan tinggi yang anda pilih.

Apa Itu Mata Kuliah Teknik Industri?

Bagi anda yang bertanya-tanya apa sih mata kuliah teknik industri? Teknik industry merupakan salah satu ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang proses industry baik dari sisi manajemen maupun teknik. Ilmu teknik industry sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin, dimana anda akan mempelajari tentang matematika, fisika, fisiologi, bahkan hingga manajemen saintifik. 

Jurusan yang satu ini lebih terfokuskan pada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem yang terintegrasi yang di dalamnya membutuhkan peran manusia, peralatan, material dan juga energy. Teknik industry terbagai menjadi tiga bagian yaitu yang pertama adalah sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi.

Kedua, anda akan mempelajari tentang manajemen industry dimana para mahasiswa harus mempelajari tentang manajemen keuangan, inovasi, perencanaan produksi, dan pengendalian teknik. Sementara yang ketiga merupakan sistem yang mempelajari tentang industry dan tekno ekonomi, seperti logistic, statistic, peneitian operasional dan sistem basis data.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri

Apabila anda sudah memasuki ke jenjang perkuliahan, maka anda harus siap dengan materi yang akan diberikan. Terdapat banyak sekali mata kuliah yang harus anda pelajari mulai dari semester 1 hingga akhir. 

Terdapat beberapa mata pelajaran yang akan anda dapatkan bila mengambil jurusan teknik Industri. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut!

1. Matematika

2. Fisika Dasar

3. Kimia Dasar

4. Menggambar teknik

5. Teori probalitas

6. Material teknik

7. Mekanika teknik dasar

8. Matriks dan ruang vector

9. Statistika industry

10. Elektronika industry

11. Pengantar ergonomic

12. Psikologi industry

13. Proses manufaktur

14. Pratikum perancangan sistem terintegrasi

15. Kalkulus

16. Analis biaya

17. Permodalan sistem

18. Perencanaan dan pengendalian produksi

19. Pengendalian dan penjaminan mutu

20. Rekayasa sistem kerja

21. Otomasi sistem produksi

22. Ekonomi teknik

23. Sistem produksi

24. Organisasi dan manajemen perusahaan industry

25. Keselamatan

26. Kesehatan

27. Lingkungan kerja

28. Proyek rekayasa inter – disiplin

29. Perancangan tata letak pabrik

30. Sistem ERP

31. Permodelan Stokastik

Mata kuliah tersebut nantinya akan anda pelajari bilamana sudah memasuki perkuliahan jurusan teknik industry. Dari beberapa materi pembelajaran teknik industry di atas mungkin hanya beberapa saja yang baru anda ketahui seperti matematika, fisika dan kimia. Untuk materi lainnya masih awam dan anda harus bisa mempelajarinya supaya bisa menguasai ilmu di bidang teknik industri dengan baik.

Universitas Terbaik Untuk Teknik Industri di Indonesia

Bagi anda yang tertarik untuk berkuliah teknik industri, anda harus menentukan Universitas manakah yang akan dipilih. Ada banyak sekali Universitas di Indonesia yang menyediakan berbagai macam jurusan, khususnya untuk teknik industri. Bagi anda yang tertarik untuk berkuliah teknik Industri, berikut ini beberapa rekomendasi perguruan tinggi terbaik untuk teknik industri yang bisa anda pilih!

- Institut Teknologi Bandung (ITB)

- Institut Teknologi Nasional Bandung

- Institut Teknologi Sepuluh November

- Universitas Andalas

- Universitas Atma Jaya Yogyakarta

- Universitas Bina Nusantara

- Universitas Brawijaya

- Universitas Diponegoro

- Universitas Gadja Mada

- Universitas Gunadarma

- Universitas Hasanuddin

- Universitas Indonesia

- Universitas Islam Indonesia

- Universitas Katholik Parahyangan

- Universitas Kristen Petra

- Universitas Muhamadiyah Surakarta

- Universitas Pasundan

- Universitas Sebelas Maret

- Universitas Sumatera Utara

- Universitas Surabaya

- Universitas Telkom

- Universitas Trisakti

Rekomendasi Universitas tersebut diambil dari situs resmi BAN-PT dimana Universitas tersebut menjadi salah satu perguruan tinggi dengan akreditasi A untuk jurusan teknik Industri. Meski begitu, kampus lain juga tak kalah keren meski masih akreditasi B. Anda bisa memilih kampus sesuai yang diinginkan. Biasanya orang-orang memilih kampus sesuai dengan lokasi yang paling dekat dengan tempat tinggal.

Prospek Kerja Mengambil Teknik Industri

Berbicara soal prospek kerja bila mengambil jurusan teknik industri tentu akan sangat baik untuk kedepannya. Pasalnya ada banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang mencari mahasiswa lulusan teknik industri guna membantu perkembangan perusahaannya supaya menjadi lebih baik. 

Terdapat banyak sekali perusahaan di bidang industri yang membutuhkan pekerja baru guna menjadikan perusahaannya maju. Pemikiran untuk mahasiswa tentu lebih matan karena sudah dibekali ilmu pengetahuan tentang teknik industri yang cukup baik. Mereka hanya tinggal mengasahnya saja supaya bisa menjalankannya dengan sangat efektif.

Alasan Orang-Orang Lebih Memilih Teknik Industri

Setiap orang yang mengambil jurusan kuliah pastinya memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih jurusan tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan orang-orang memilih jurusan teknik industri!

1. Faktor Bakat dan Minat

Bagi anda yang memiliki bakat dan minat di bidang industri tentu sudah menjadi alasan yang paling tajam. Apabila anda sudah memiliki hal ini, maka untuk mengembangkannya akan sangat mudah. Anda tidak perlu mempermasalahkan mengenai materi yang akan dihadapi karena anda senang dengan mata kuliah di jurusan teknik industri.

Bakat dan minat biasanya muncul karena hobi atau kesenangan yang dimiliki oleh orang-orang, mereka tinggal mengembangkannya saja untuk memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan di dalamnya.

2. Faktor Biaya

Faktor biaya juga menjadi alasan tersendiri bagi orang-orang yang ingin berkuliah memilih jurusan teknik industri. Untuk biaya persemester jurusan teknik industri juga cukup terjangkau. Hal ini menjadikan banyak orang tertarik untuk mengambil jurusan yang satu ini dibandingkan dengan jurusan lainnya. Biaya yang ringan juga akan membuatnya nyaman dan mampu menyelesaikannya hingga lulus kuliah.

3. Faktor Peluang Kerja

Jika anda mensurvei berbagai macam jurusan di jenjang perguruan tinggi, jurusan teknik industri menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang sangat baik. Untuk peluang kerja yang didapatkan tentu akan lebih efektif bila anda mengambil jurusan yang satu ini. Pasalnya ada banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan tenaga di bidang teknik industri.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mata kuliah teknik industri, semoga bermanfaat untuk anda, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Macam-Macam Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri"