Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Kuliah Jurusan Manajemen

Daftar Kuliah Manajemen

Apakah anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan? Banyak dari mereka yang sudah lulus SMA/SMK melanjutkan kuliah. Hal ini guna menambah ilmu pengetahuan dan menentukan tujuan masa depan anda. Ketika anda ingin kuliah, maka anda harus menentukan jurusan yang akan dipilih. 

Ada banyak sekali jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh anda, salah satunya adalah kuliah manajemen. Jurusan yang satu ini banyak diminati oleh orang-orang karena memiliki prospek yang cukup baik. Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah, jurusan manajemen menjadi pilihan yang tepat untuk anda pilih.

Apa Itu Jurusan Manajemen?

Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan favorit para pelajar yang berminat untuk melanjutkan kuliah. Hal ini dikarenakan ada banyak peluang kerja yang bisa didapatkan bila mengambil jurusan ini untuk kedepannya. Ada banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang manajemen. Bila anda mampu menguasainya, maka anda akan mudah direkrut oleh perusahaan-perusahaan ternama.

Jurusan yang satu ini terbilang sangat praktis karena seringkali diterapkan secara langsung dalam pekerjaan ataupun kehidupan sehari-hari. Bebagai hal yang bisa anda pelajari diantaranya seperti pengembangan strategi, pembuatan rencana, wirausaha, prosedur dalam bisnis, marketing, dan lain sebagainya. Jurusan ini benar-benar akan membuat diri anda lebih baik kedepannya.

Mengapa Memilih Jurusan Manajemen di Indonesia?

Ada alasan tersendiri bagi mereka yang tertarik untuk memilih jurusan manajemen dalam berkuliah. Berikut beberapa alasan mengapa memilih jurusan manajemen!

1. Biaya Terjangkau

Seperti yang anda ketahui, jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan terfavorit di Indonesia. Banyaknya orang yang berminat menjadikan biaya kuliah untuk jurusan ini cukup terjangaku bagi siapapun. Di Indonesia ini, jurusan manajemen memiliki biaya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan negara lainnya di Asia. 

Indonesia juga memiliki kualitas pendidikan yang layak diadu, dimana akan sangat layak bagi anda yang tertarik untuk melanjutkan kuliah jurusan manajemen. Selain itu, biasanya masalah biaya akan dikenakan potongan oleh pemerintah guna meringankan semua orang yang tertarik untuk berkuliah. 

2. Lokasi Terdekat

Anda tidak perlu pergi ke luar negeri untuk berkuliah mengambil jurusan manajemen. Hal ini dikarenakan Indonesia sudah ada banyak sekali Universitas yang menyediakan jurusan manajemen. Anda bisa memilihnya sesuai selera masing-masing untuk Universitas yang dipilih. Disini juga menjadi salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan yang unggul dan berkualitas.

Untuk masalah keamanan juga sudah tidak diragukan lagi, anda akan aman bilamana berkliah di salah satu Universitas yang ada di Indonesia. Lokasinya yang dekat juga akan membuat anda lebih berhemat pastinya. 

3. Kualitas Pendidikan

Kualitas pendidikan di Indonesia juga terbilang cukup baik, khususnya untuk berbagai macam Universitas yang ada di dalamnya. Banyak perusahaan besar di Indonesia hingga mancanegara yang bekerjasama dengan berbagai macam Universitas yang ada di Indonesia. Hal ini yang menjadikan pendidikan di Indonesia memiliki kualitas yang cukup baik.

Bagi anda yang sudah lulus kuliah, anda tidak perlu khawatir masalah pekerjaan yang akan didapatkan. Biasanya dari pihak Universitas akan mengirimkan mahasiswanya yang baru lulus ke suatu perusahaan. Hal ini juga ditentukan berdasarkan kualifikasi dari perusahaan menginginkan mahasiswa yang seperti apa. Untuk itu, anda harus bisa belajar dengan sungguh-sungguh untuk meraih hasil yang maksimal agar direkrut oleh suatu perusahaan.

4. Prospek Kerja Yang Baik

Jurusan manajemen menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek sangat baik untuk kedepannya. Bagi anda yang sudah mengambil jurusan yang satu ini, untuk prospek kedepannya pastinya akan cukup baik. Semua tergantung diri anda mampu memanfaatkannya atau tidak.

Ada banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang siap menerima mahasiswa lulusan manajemen. Khususnya untuk mahasiswa yang berprestasi dalam menjalankan kuliahnya. Siswa yang berprestasi biasanya menjadi incaran perusahaan-perusahaan besar. 

Persyaratan Masuk Jurusan Manajemen

Bagi anda yang tertarik untuk berkuliah mengambil jurusan manajemen, anda harus mengetahui berbagai macam persyaratan yang ada di dalamnya. Setiap Universitas biasanya memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Namun hanya terdapat sedikit perbedaan untuk persyaratan masuk Universitas jurusan manajemen. 

Persyaratan masuk S1:

- Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7-9

- Ijazah D3 dengan ipk minimal 2,5

- Nilai minimum IELTS 4,6 -5

- Nilai minimum TOEFL : 450-550

- Lulus program foundation/GCE/O level

- Kualifikasi setara lainnya yang diakui oleh pemerintah Indonesia

Persyaratan S2 :

- Ijazah S1

- Nilai minimum IELTS 6,5

- Nilai minimum TOEFL 600

- Surat rekomendasi untuk beberapa program dan universitas

Biaya Kuliah Jurusan Manajemen

Biaya menjadi salah satu faktor yang paling penting dalam berkuliah. Biasanya biaya menjadi faktor pemicu bagi seseorang untuk berkuliah atau tidak. Bagi anda yang tertarik untuk berkuliah jurusan manajemen, anda harus mengetahui terlebih dahulu biaya yang harus dikeluarkan.

Setiap Universitas juga memiliki ketentuan yang berbeda-beda untuk masalah biaya dalam mengambil jurusan manajemen. Hal itu bisa dipengaruhi oleh lokasi tempat, kebutuhan Universitas, dan berbagai faktor lainnya. Anda harus memahami secara detail mengenai biaya kuliah jurusan manajemen.

Berikut ini adalah biaya rata-rata pendidikan untuk gelar S1 dan S2 jurusan manajemen:

- Jurusan S1 Rp. 500.000 – 13 juta per semester

- Jurusan S2 Rp. 500.000 – 10 juta perbulan

Untuk masalah biaya pastinya ada sedikit keringanan bila anda tidak mampu untuk membayar sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan. Ada juga siswa yang mendapatkan biaya gratis karena berprestasi. Untuk anda yang kurang mampu juga bisa mengajukan surat kurang mampu supaya pihak universitas mampu meringankan beban biaya kuliah untuk jurusan manajemen.

Prospek Kerja

Beberapa prospek kerja yang bisa anda dapatkan bila mengambil jurusan manajemen sebagai berikut!

1. Manajemen  Keuangan

Anda bisa bekerja sebagai manajemen keuangan di suatu perusahaan. Dalam hal ini anda akan memanajemen keuangan supaya tetap stabil bahkan mengalami peningkatan. Disini anda juga harus memiliki keterampilan dalam mengelola dan mencatat keuangan perusahaan.

2. Manajemen Operasional

Apabila anda mendapatkan peran sebagai manajemen operasional, anda akan ditugaskan untuk mendapatkan keterampilan pengorganisasian kegiatan agar dapat berjalan dengan lancar.

3. Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia juga menjadi hal penting yang harus dimanajemeni. Sebagai pemegang kontrol dalam berbagai macam, unsur manusia harus ditangani secara professional agar bisa saling tercapai dan bekerjasama dalam menggapai tujuan.

4. Manajemen Pemasaran

Anda juga dapat berperan sebagai manajemen pemasaran bila lulus jurusan manajemen. Disini anda harus memastikan bahwasanya produk laku di pasaran. Kesuksesan dari laku tidaknya produk bergantung pada sistem pemasaran yang dilakukan apakah efektif atau tidak. 

Bagi anda yang tertarik untuk mendaftar kuliah jursan manajemen, anda harus mengetahui informasinya secara detail terlebih dahulu. Untuk mendaftarnya, anda bisa datang langsung ke tempat Universitas yang ingin dituju.


Posting Komentar untuk " Daftar Kuliah Jurusan Manajemen"