Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA

Cara Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA


Saat anda masih SMA, terdapat dua macam jurusan yang harus dipilih, yakni IPA dan IPS. Salah satu jurusan yang paling banyak diminati adalah jurusan IPA. Mereka senang dengan jurusan ini untuk memperdalam ilmu yang ada di dalamnya.

Apabila sudah lulus SMA, maka mereka harus melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Disinilah yang menjadikan banyak orang bingung ketika memilih jurusan yang harus ditentukan. Ada banyak sekali jurusan kuliah yang bisa dipilih untuk jurusan IPA, anda bisa memilihnya sesuai keinginan.

Bagi anda yang bingung dalam menentukan jurusan ke jenjang perkuliahan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPA!

Jurusan Kedokteran
Jurusan yang sangat cocok untuk anak IPA yang bisa anda pilih adalah jurusan kedokteran. Disini anda bisa mempelajari banyak hal tentang dunia kedokteran dalam mengetahui tentang jenis penyakit dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk mengambil jurusan yang satu ini, anda akan mempelajari banyak hal tentang sistem yang ada di dalam tubuh manusia baik secara teori maupun praktek.

Mengambil jurusan kedokteran juga akan menjadikan anda lebih efektif kedepannya. Prospek kerja yang bisa anda dapatkan bila mengambil jurusan ini diantaranya sebagai dokter anak, dokter gigi, dokter hewan, dan lain sebagainya. Ada banyak kesempatan yang bisa anda dapatkan bila mengambil jurusan kedokteran. 

Farmasi
Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan jurusan farmasi, jurusan yang satu ini merupakan salah satu jurusan yang berhubungan dengan obat-obatan. Nantinya anda akan mempelajari tentang senyawa obat dan cara sintetisnya supaya layak dikonsumsi oleh orang-orang yang membutuhkannya. 

Anda bisa menjadi ahli dalam membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat sesuai standar dan kelayakan. Bila anda mengambil jurusan farmasi, prospek kerja yang bisa anda dapatkan berupa spesialis kimia, dokter pengobatan, apoteker, dan lain sebagainya.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Salah satu jurusan yang cocok untuk anak IPA selanjutnya adalah kesehatan dan keselamatan kerja. Jurusan yang satu ini mempelajari tentang bahaya dan resiko yang ada di tempat kerja ataupun proyek. Disini anda bisa melakukan penanganan terhadap bahaya dalam menjalankan pekerjaan, meminimalisir kecelakaan, dan resiko lain yang dapat terjadi terhadap prospek kerja.

Apabila anda mengambil jurusan yang satu ini, akan ada banyak hal yang bisa anda dapatkan. Untuk prospek kerja kedepannya adalah ahli kesehatan dan keselamatan kerja. Untuk jurusan ini akan sangat cocok bila anda suka dengan materi pembelajaran biologi.

Astronomi
Bagi anda yang lulusan anak IPA, mengambil jurusan astronomi juga menjadi pilihan yang sangat tepat untuk anda. Disini anda akan mempelajari seputar benda-benda yang ada di langit seperti meteorit, galaksi, dan lain sebagainya. Jurusan ini terbagi menjadi tiga keahlian yaitu tatasurya, fisika bintang dan galaksi, dan kosmologi. 

Bagi anda yang suka sekali dengan materi fisika, jurusan ini akan sangat cocok untuk anda. Untuk prospek kerja kedepannya tentu akan sangat efektif, beberapa diantaranya adalah sebagai astronom, pengajar ilmu atsmosfir, ilmu bumi, ilmu kelautan, ilmu luar angkasa, ruang angkasa, dan lain sebagainya.

Statistika
Anak IPA juga akan sangat efektif bila anda berkuliah mengambil jurusan statistika. Jurusan yang satu ini akan mempelajari tentang pengolahan data berupa pengumpulan, analisis, merencanakan dan mempresentasikan data. Jurusan ini memiliki fungsi utama sebagai pengambil keputusan. Prospek kerja yang bisa anda dapatkan bila mengambil jurusan yang satu ini adalah sebagai peneliti survey, ahli statistik, dan lain-lain.

Biokimia
Salah satu jurusan yang cocok untuk anak IPA selanjutnya adalah bikimia. Jurusan yang satu ini mempelajari tentang peranan sebagai molekul dalam reaksi kimia dan proses berlangsung dalam makhluk hidup. Anda akan mempelajari berbagai macam organisme mulai dari yang sederhana hingga kompleks.

Bagi anda yang tertarik untuk mengambil jurusan ini akan memiliki prospek kerja yang cukup baik kedepannya. Beberapa diantaranya seperti peneliti biinformatika, ahli biologi molekul dan sel, dan lain sebagainya. 

Teknik Lingkungan
Teknik lingkungan juga menjadi salah satu jurusan yang sangat cocok dipilih untuk anak IPA. Jurusan yang satu ini akan mempelajari bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit melalui teknik dan teknologi yang ada. Untuk urang lingku dari jurusan yang satu ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, pppengolahan limbah, sistem draaainasi dan pencemaran udara.

Bagi anda yang suka sekali dengan materi pembelajaran bilogi dan kimia, mengambil jurusan teknik lingkungan akan sangat tepat untuk anda pilih. Prospek kerja untuk kedepannya beberapa diantaranya sebagai ahli ekologi industry, ahli lingkungan, dan konsultan lingkungan.

Oseanografi
Jurusan yang satu ini terbilang cukup jarang diketahui oleh orang-orang. Oseanografi merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang fenomena yang ada di laut yang nantinya dapat dipublikasikan ke banyak bidang seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, dan mitigasi bencana. Seperti yang anda ketahui, perilaku dari laut tidak dapat diprediksi akibat terjadinya beberapa hal seperti tsunami, badai, dan hal lainnya.

Jika kamu suka dengan pelajaran fisikan dan matematika, jurusan yang satu ini sangat cocok untuk anda pilih. Untuk prospek kedepannya juga sangat efektif, beberapa diantaranya seperti teknik kelautan, pengajar ilmu atsmofeir, ilmu bumi, dan lain sebagainya. 

Teknik Industri
Memilih jurusan teknik industri juga menjadi salah satu jurusan yang cukup efektif untuk anda pilih. Jurusan yang satu ini mempelajari tentang proses industri baik dari sisi manajemen maupun teknik. Meski begitu, mahasiswa juga diharuskan untuk mempelajari materi lain seperti fisika, matematika, dan fisiologi. Dengan begitu, jurusan yang dipilih akan berdampak baik untuk kedepannya.

Jurusan yang satu ini juga memiliki prospek yang cukup baik untuk masa depan anda, beberapa diantaranya seperti sales engineer, ahli teknik industry, ahli teknik manufaktur, dan lain sebagainya.

Teknik Informatika
Bagi anda yang tertarik dengan dunia komputer, jurusan yang satu ini sangat tepat untuk anda pilih. Ada banyak sekali orang-orang yang sudah membuktikan kesuksesannya setelah mengambil jurusan teknik informatika. Beberapa hal yang anda pelajari bila mengambil jurusan teknik informatika seperti ilmu komputer, perangkat keras dan lunak, jaringan komputer dan lain sebagainya.

Untuk menguasai berbagai macam ilmu yang ada di dalamnya, anda bisa mempelajarinya di tempat perkuliahan yang dipilih. Kebanyakan mereka yang suka pelajaran matematika memilih jurusan informatika. Untuk prospek kerja jurusan teknik informatika juga cukup baik, beberapa diantaranya anda bisa menjadi programmer komputer, web developer, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa jurusan yang cocok untuk anak SMA, anda bisa memilih salah satu jurusan yang ada. Namun jika anda memiliki minat di jurusan lain, anda bisa mengambilnya seperti jurusan teknik, ekonomi, dan lain sebagainya. Sebaiknya pilih sesuai dengan bakat dan minat yang anda punya agar kedepannya bisa menjadi lebih baik.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA"