Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Universitas Negeri Terbaik di Jogja


Daftar Universitas Negeri Teraik di Jogja

Apakah anda ingin berkuliah? Ketika sudah lulus sekolah, biasanya seseorang akan menentukan pilihannya, yakni bekerja atau berkuliah. Kuliah sebenarnya tidak menghalangi untuk siapapun. Jika mengalami masalah biaya, anda bisa bekerja sambil kuliah. Sementara jika anda mampu masalah biaya, anda bisa melanjutkan untuk kuliah. 

Selain itu, biasanya orang-orang yang memilih untuk memasuki jenjang perguruan tinggi karena sudah memiliki impian di masa depan. Mereka perlu mengasah kemampuannya yang mengharuskan untuk berkuliah. Menjadikan penting atau tidaknya kuliah tergantung dari pribadi masing-masing.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sekali Universitas yang bisa anda pilih untuk melanjutkan kuliah. Salah satunya adalah di Jogja, di dalamnya terdapat banyak sekali Universitas yang bisa anda pilih. Banyak orang yang tertarik untuk memasuki Universitas Negeri yang ada di Jogja. Berikut ini adalah beberapa Universitas Negeri di Jogja yang bisa anda pilih seperti berikut!

Universitas Gajah Mada (UGM)
UGM merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di Jogja. Perguruan tinggi yang satu ini sudah sangat terkenal di Jogja hingga seluruh Indonesia. Terkenalnya UGM karena memiliki prestasi yang sangat baik di bidang akademik maupun non akademik. Banyak orang yang tertarik untuk berkuliah di UGM. Akan tetapi, anda juga harus memiliki potensi yang baik jika ingin diterima di UGM.

Terdapat ratusan fakultas di UGM untuk saat ini yang bisa anda pilih. Pada awalnya, UGM hanya memiliki 6 fakultas saja. Namun lama-kelamaan UGM mengalami perkembangan dan menjadikannya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik. Untuk fasilitas yang ada di dalamnya juga sangat lengkap. Pastinya anda akan mendapatkan fasilitas secara maksimal bila berada menempuh di Universitas Gajah Mada.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Selain UGM, ada juga Universitas Negeri Yogyakarta yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Jogja. Sudah ada banyak orang yang berkuliah disini dan berhasil meraih kesuksesan setelah lulus. Di dalamnya terdapat beberapa fakultas seperti hukum, ilmu pendidikan, bahasa dan seni, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih fakultas sesuai dengan bakat dan minat anda.

Universitas Negeri Yogyakarta didirikan pada tahun 1964 sebagai selah satu perguruan tinggi yang memiliki banyak mahasiswa. Kampus ini juga memiliki segudang prestasi yang berhasil diraih di berbagai bidang. Akan ada banyak kesempatan untuk anda supaya bisa memasuki Universitas Negeri Yogyakarta. Untuk biaya menyesuaikan dengan jurusan yang anda pilih, atau anda juga berkesempatan untuk mendapatkan biaya gratis melalui program beasiswa.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu Universitas Negeri yang menjuru ke bidang keagamaan. Sesuai dengan namanya, Universitas yang satu ini diambil dari salah satu nama tokoh walisongo, yakni Sunan Kalijaga. Jika anda ingin memperdalam ilmu keagamaan, anda bisa mendaftar kuliah di UIN Sunan Kalijaga. Beberapa fakultas yang ada di dalamnya seperti fakultas syari’ah dan hukum, ilmu tarbiyah dan keguruan, dan fakultas adab dan budaya.

Selain di bidang keagamaan, ada juga beberapa fakultas lainnya yang bisa anda pilih seperti halnya fakultas sains dan teknologi, ilmu sosial dan humaniora, dan lain sebagainya. Anda bisa mmeilih salah satu fakultas sesuai yang diinginkan. Masing-masing fakultas memiliki biaya tersendiri. Untuk fasilitas menyesuaikan dengan jurusan dan pastinya anda akan mendapatkannya secara lengkap.

Universitas Nasional Pembangunan Veteran Yogyakarta
Perguruan tinggi negeri yang selanjutnya adalah UPN Yogyakarta. Universitas yang satu ini juga sudah terkenal di Jogja hingga ke seluruh Indonesia. Hampir di setiap wilayah terdapat Universitas Nasional Pembangunan Veteran. Universitas yang satu ini didirikan pada tahun 1958. 

Terdapat beberapa fakultas yang bisa anda pilih, beberapa diantaranya seperti fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, pertanian, teknologi industry, dan program pascasarjana. Berbagai macam program studi yang ada di dalamnya bisa anda pilih sesuai dengan bakat dan minat. Anda akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap bilamana berkuliah di Universitas Pembangunan Vetera Yogyakarta.

Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)
Salah satu perguruan tinggi negeri yang cukup terkenal di Jogja adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Untuk anda yang menyukai bidang seni akan sangat efekitf bilamana mendaftarkan diri di ISI Yogyakarta. Disini anda akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan tentang seni yang ada di dalamnya. Beberapa fakultas yang ada di dalamnya seperti fakultas seni rupa, seni rekam, dan fakultas pertunjukan dan program pascasarjana.

Universitas yang satu ini berdiri pada tahun 1984 sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang cukup populer. Perguruan tinggi yang satu ini didirikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yakni Dr. Nugroho Notosusanto. Untuk prestasi di bidang seni sudah tidak diragukan lagi, ISI Yogyakarta sudah mendapatkan banyak prestas yang membuat namanya menjadi lebih terkenal.

Politeknik ATK Yogyakarta
Politeknik ATK Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi yang didirikan pada 15 September 1958. Sebelumnya, perguruan tinggi yang satu ini merupakan lembaga pendidikan tinggi di bidang teknologi kulit. Perguruan tinggi Politeknik ATK sudah cukup terkenal di Yogyakarta.

Terdapat tiga jurusan yang bisa anda pilih yaitu tiga jurusan teknologi pengolahan karet dan plastik, pengolahan kulit, dan pengolahan produk kulit. Anda akan mendapatkan banyak ilmu mengenai program yang ada di Politeknik ATK Yogyakarta. Ilmu tersebut akan dapat dimanfaatkan bilamana anda sudah lulus. 

Politekkes Kemenkes Yogyakarta
Salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Jogja selanjutnya adalah Politekkes Kemenkes Yogyakarta. Perguruan tinggi yang satu ini didirkan pada tahun 2001 berdasarkan surat keputusan menteri kesehatan dan kesejahteraan sosial Republik Indonesia. Namanya pun sudah terkenal di Jogja dan mampu membuat banyak orang tertarik untuk berkuliah di Politekkes Kemenkes Yogyakarta.

Di dalamnya terdapat 6 akademi kesehatan Departemen Kesehatan RI seperti akademi analis kesehatan Yogyakarta, akademi kebidanan Yogyakarta, akademi gizi Yogyakarta dan lain sebagainya. Jika anda tertarik untuk berkuliah di bidang kesehatan, anda bisa memilih untuk kuliah di Politekkes Kemenkes Yogyakarta.

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Yogyakarta
Salah satu perguruan tinggi negeri lainnya yang ada di Yogyakarta adalah Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir. Disinia anda akan mempelajari berbagai pengetahuan seputar nuklir secara detail. Sekolah tinggi yang satu ini didirikan pada tahun 1985 oleh Direktur Jendral BATAN dan IR. Djali Ahimsa. 
Terdapat dua macam jurusan yang bisa anda pilih yaitu teknofisika nuklir dan elektro instrumentasi dan elektromekanik. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir ini akan membantu perkembangan negara Indonesia khususnya di bidang pertahanan dan keamanan negara. Bagi anda yang tertarik dengan dunia kemiliteran bisa memilih untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang satu ini.

Itulah beberapa Universitas Negeri yang ada di Jogja. Anda bisa memilih salah satu perguruan tinggi yang menurut anda paling cocok. 

Posting Komentar untuk "Daftar Universitas Negeri Terbaik di Jogja"