Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Universitas Negeri di Surabaya

Daftar Universitas Negeri di Surabaya


Apakah anda berminat untuk melanjutkan kuliah? Banyak dari mereka yang lebih memilih untuk berhenti melanjutkan pendidikannya karena beberapa faktor. Seperti halnya masalah biaya, sudah malas untuk belajar dan ingin mencari uang. Beberapa faktor tersebut seringkali menjadi alasan banyak orang lebih memilih berhenti melanjutkan pendidikannya. 

Meski begitu, masih ada juga orang-orang yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Mereka sudah memiliki target sehingga memilih untuk melanjutkan kuliah. Bahkan anda bisa bekerja terlebih dahulu kemudian anda bisa melanjutkan untuk kuliah sambil bekerja.

Di Indonesia ini terdapat banyak sekali Universitas yang dapat anda pilih untuk menempuh pendidikan. Salah satunya adalah Surabaya yang sangat terkenal akan tempat perguruan tinggi di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa Universitas Negeri yang ada di Surabaya!

Universitas Negeri Surabaya
Universitas Negeri Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang paling terkenal di Surabaya. Universitas yang satu ini berdiri pada tahun 1964 sebagai salah satu perguruan tinggi yang menjadi contoh Universitas lainnya. Banyak prestasi yang sudah diraih baik di bidang akademik maupun non akademik. Universitas Negeri Surabaya memiliki kemampuan di berbagai bidang.

Terdapat beberapa fakultas yang dapat anda pilih bila berkuliah di Universitas Negeri Surabaya. Beberapa diantaranya seperti fakultas teknik, matematikan dan ilmu pengetahuan alam, ekonomi, dan lain sebagainya. Setiap orang memiliki minat tersendiri dalam memilih fakultas sesuai yang diinginkan. Untuk biaya per semester kurang lebih Rp. 500 ribu – Rp. 6 juta, semua tergantung dari jurusan yang dipilih oleh mahasiswa.

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
Salah satu perguruan tinggi negeri lainnya adalah ITS. Perguruan tinggi yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri dalam mendidik mahasiswanya. ITS memiliki tujuan khusus di bidang sains dan teknologi yang menjadi salah satu jurusan utama. Anda juga dapat memilih fakultas lainnya seperti teknik atau jurusan lainnya sesuai dengan bakat dan minat.

Untuk biaya semesternya, anda harus merogoh kocek antara Rp. 500 ribu – Rp. 7,5 juta. Biaya biasanya ditentukan berdasarkan sesuai dengan jurusan. Hal ini dikarenakan jurusan memiliki fasilitas yang berbeda, semakin lengkap maka nilai harganya semakin mahal. Untuk meringankan biaya juga dapat dilakukan dengan mengikuti program beasiswa atau kondisi orang tua yang kurang mampu. Nantinya anda akan dibantu mengenai masalah biaya untuk berkuliah di ITS.

Universitas Airlangga (UNAIR)
Perguruan tinggi negeri yang ada di Surabaya selanjutnya adalah UNAIR. Universitas Airlangga menjadi salah satu perguruan tinggi yang sangat terkenal di Surabaya. Banyak orang yang tertarik untuk berkuliah di UNAIR. Universitas Airlangga memiliki fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya. Selain itu, UNAIR juga memiliki segudang prestasi di berbagai bidang.

Universitas yang satu ini didirikan pada 10 November 1954 yang terbagi menjadi 3 kampus di Surabaya. Anda bisa memilih berbagai jurusan sesuai dengan bakat dan minat yang anda miliki. Untuk biaya kuliah mulai dari Rp. 500 ribu hingga jutaan per semesternya. Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan biaya gratis dengan mengikuti beasiswa. Biasanya siswa yang berprestasi akan berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan gratis.

Universitas Trunojoyo
Universitas Trunojoyo merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang sudah terkenal di Surabaya. Bagi anda yang tertarik untuk berkuliah, Universitas yang satu ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk anda. Untuk fasilitas yang ada di dalamnya disediakan dengan sangat lengkap. Anda juga bisa memilih berbagai macam jurusan sesuai dengan keinginan anda sendiri. 

Untuk masalah biaya, perguruan tinggi yang satu ini tidak membebankan nilai yang tinggi. Anda bisa berkuliah dengan biaya anara Rp. 500 ribu hingga Rp. 3 jutaan per semesternya. Hal ini dikarenakan Universitas Trunojoyo mengutamakan orang-orang yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tanpa memikirkan beban masalah biaya.

UIN Sunan Ampel
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel juga menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak diminati oleh orang-orang. Sesuai dengan namanya, UIN Sunan Ampel mengedepankan ilmu keagamaan yang ada di dalamnya. Namun ada juga beberapa jurusan lainnya yang bisa anda pilih, seperti sains dan juga teknologi.

Berkuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel akan membuat pengetahuan anda semakin bertambah banyak, khususnya di bidang ilmu Agama. Bagi anda yang tertarik untuk memperdalam ilmu Agama bisa mencoba untuk kuliah di UIN Sunan Ampel. 
Alamat: Jl. Ahmad Yani No 117, Jemur Wonosari.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
Perguruan tinggi negeri yang selanjutnya adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Universitas yang satu menerapkan pendidikan tentang pengajaran di bidang elektro. Keunggulannya di bidang elektro menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh Universitas yang satu ini.

Prestasi yang didapatkan juga menjadi salah satu minat banyak orang yang tertarik untuk berkuliah disini. Salah satu prestasi yang menjadi kebanggaan adalah menjuarai Kontes Robot Indonesia selama 12 kali berturut-turut. Tentu hal ini menjadikan kelebihan tersendiri bagi PENS yang menjadikannya terkenal di Indonesia. Bagi anda yang tertarik di bidang robotika, kuliah di PENS menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda.

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)
PPNS juga menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang sudah terkenal di Surabaya. Banyak orang yang tertarik untuk berkuliah di PPNS karena memiliki keunggulan tersendiri di dalamnya. Universitas yang satu ini lebih menjuru ke bidang vokasional perkapalan dengan mengutamakan marine manufacture. Kerjasama juga sudah dilakukan dengan banyak pihak yang menjanjikan para mahasiswa dapat bekerja setelah lulus kuliah.

Berbagai hal yang dapat anda lakukan seperti memproduksi kapal kecil, desain, inspeksi dan lain sebagainya. Untuk fasilitas anda tidak perlu khawatir, anda akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap. Banyak ilmu pengetahuan tentang perkapalan yang akan anda dapatkan bila menempuh pendidikan di PPNS.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya
Apakah anda tertarik untuk melanjutkan kuliah? Surabaya menjadi salah satu kota yang terkenal akan tempat pendidikan di dalamnya. Salah satunya adalah Universitas Pembangunan Nasional Veteran yang menjadi saah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya. Universitas yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat, banyak orang yang tertarik untuk berkuliah disini dengan alasan tersendiri.

UPN Veteran sendiri merupakan PTN yang disahkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2014 silam. Di dalamnya terdapat 7 fakultas yang bisa anda pilih sesuai dengan bakat dan kemampuan yang anda miliki. Beberapa diantaranya seperti fakultas ekonomi dan bisnis, teknik, ilmu sosial dan politik, arsitektur dan desain, fakultas pertanian, dan lain-lain. Untuk fasilitas yang ada di UPN Veteran disediakan dengan sangat lengkap. 

Itulah beberapa Universitas Negeri yang ada di Surabaya. Anda bisa memilih salah satu perguruan tinggi yang menurut anda memiliki potensi baik untuk perkembangan diri anda. 

Posting Komentar untuk "Daftar Universitas Negeri di Surabaya"