Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

Cara Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS


Kuliah menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat untuk untuk anda lakukan. Hal ini dikarenakan dengan kuliah akan menambah banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan untuk kedepannya. Selain itu, dengan kuliah akan menjadikan anda lebih fokus pada tujuan hidup untuk masa depan.

Ketika baru saja lulus sekolah SMA, anda akan menentukan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan atau berhenti sekolah dan melanjutkan kerja. Banyak dari mereka yang ingin meneruskan pendidikannya dengan berkuliah.

Namun banyak dari mereka yang kebingungan untuk memilih jurusan yang akan ditentukan. Salah satunya untuk anak IPS yang bingung memilih jurusan perkuliahan yang cocok. Berikut ini adalah beberapa jurusan yang cocok untuk anak IPS!

1. Ilmu Komunikasi
Salah satu jurusan yang cocok untuk anak IPS adalah ilmu komunikasi, Jurusan yang satu ini bukan hanya sekedar berbicara saja dengan seseorang, namun ada banyak hal yang bisa anda pelajari. Beberapa diantaranya seperti menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, dan lain sebagainya.

Biasanya orang yang tertarik mengambil jurusan ilmu komunikasi suka denga pelajaran TIK dan sosiologi. Untuk prospek kerja bila mengambil jurusan yang satu ini juga cukup efektif, beberapa diantaranya seperti public relation officer, spesialis hubungan masyarakat, manajer layanan sosial dan komunitas.

2. Hubungan Internasional
Jurusan yang cocok untuk anak IPS selanjutnya ialah hubungan internasional. Jurusan yang satu ini cukup menarik untuk dipiliha karena kedepannya akan memiliki prospek yang cukup baik. Jurusan ini akan menghubungkan aktivitas antar negara, diplomasi, politik luar negeri, dan lain sebagainya.

Bagi anda yang suka sekali dengan pelajaran PPKN, jurusan yang satu ini sangat cocok untuk anda pilih. Peluang kerja yang bisa anda dapatkan seperti diplomat, konsultan politik, wartawan intenasional, dan lain sebagainya. 

3. Administarsi Bisnis
Administrasi bisnis merupakan salah satu jurusan yang di dalamnya mempelajari tentang manajemen pekerjaan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana dan berbagai macam proses data secara akurat untuk menjalankan sebuah bisnis di sebuah kantor. 

Jurusan yang satu ini cukup menarik untuk anda pilih karena memiliki prospek yang cukup baik untuk kedepannya. Bagi anda yang suka jurusan TIK, administrasi bisnis akan sangat cocok untuk anda pilih. Peluang kerja yang bisa anda dapatkan bila mengambil jurusan yang satu ini adalah agen pembelian, sekretari eksklusif, manajer produksi industry, dan lain sebagainya.

4. Ekonomi
Salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh orang-orang adalah ekonomi. Jurusan yang satu ini tentu berhubungan dengan bisnis atau uang, dimana anda akan mempelajari banyak hal tentang ilmu ekonomi.

Bagi anda yang lulusan jurusan IPS bisa mengembangkan jurusan ekonomi yang sudah pernah dipelajari sebelumnya. Akan ada peluang besar yang bisa didapatkan bila anda mengambil jurusan ekonomi. 

5. Akutansi
Salah satu jurusan yang sudah ada sejak dahulu adalah akutansi. Jurusan yang satu ini sangat cocok untuk dipilih oleh siapa saja, khususnya untuk anak IPS. Anda akan mempelajari banyak hal seputar keuangan, akutansi manajerial, akutansi biaya, dan masih banyak hal lainnya.

Bagi anda yang suka sekali dengan mapel matematika akan sangat tepat bila mengambil jurusan yang satu ini. Untuk prospek kedepannya sudah tidak diragukan lagi. Beberapa pekerjaan yang bisa anda dapatkan bila mengambil jurusan ini seperti pemeriksa keuangan, akuntan, manajer keuangan, dan lain-lain.

6. Perpajakan
Kuliah mengambil jurusan perpajakan sangat tepat untuk anda pilih, khususnya untuk anda sebagai anak IPS. Disini anda akan mempelajari banyak hal seputar perpajakan secara perspektif dari sisi hukum, ekonomi dan akutansi. Biasanya anak-anak yang suka dengan pelajaran ekonomi dan matematika senang mengambil jurusan yang satu ini. 

Selain itu, prospek kerja untuk kedepannya juga akan sangat baik bila anda mengambil jurusan perpajakan. Jurusan yang satu ini juga cukup terkenal dan sudah memberikan bukti yang efektif. Banyak dari mereka yang sukses setelah mengambil jurusan perpajakan. 

7. Manajemen Perhotelan
Jurusan yang cocok untuk anak IPS selanjutnya adalah manajemen perhotelan. Untuk anda yang suka sekali dengan pelajaran bahasa Indonesia atau Inggris, jurusan ini sangat cocok untuk anda. Disini anda akan mempelajari banyak hal seputar dunia perhotelan, beberapa diantaranya seperti pengawasan, perencanaan, pengelolaan, dan lain sebagainya.

Prospek kedepannya juga sangat efektif bila anda mengambil jurusan yang satu ini. Beberapa diantaranya seperti perencana meeting, manajer layanan makanan, manajer penginapan, dan lain sebagainya.

8. Manajemen Pariwisata
Selain manajemen perhotelan, jurusan yang dapat anda pilih selanjutnya adalah manajemen pariwisata. Jurusan yang satu ini juga memiliki prospek yang cukup baik untuk kedepannya, beberapa diantaranya anda bisa menjadi pemandu tur, pemandu wisata, agen perjalanan dan lain sebagainya.

Hal-hal yang bisa anda pelajari bilamana mengambil jurusan manajemen pariwisata yaitu konsep penawaran beserta faktor yang mempengaruhinya, pembangunana dan pengembangan pariwisata, dan lain sebagainya.

9. Fashion Bisnis
Bagi anda yang lulusan sekolah jurusan IPS, anda bisa melanjutkan ke jenjang perkuliahan dengan mengambil jurusan fashion bisnis. Disini anda akan mempelajari banyak hal seputar dunia fashion bisnis. Anda bisa belajar bagaimana cara mendapatkan banyak konsumen agar barang yang anda produksi laku di pasaran.

Biasanya orang-orang yang mengambil jurusan fashion bisnis yaitu bagi seseorang yang suka pelajaran seni budaya dan ekonomi. Akan sangat cocok bila anda mengambil jurusan yang satu ini. Untuk prospek kerja kedepannya juga cukup baik, beberapa diantaranya anda bisa bekerja sebagai visual merchandiser, wirausaha fashion, dan lain sebagainya.

10. Sastra Inggris
Jurusan yang cocok untuk anak IPS selanjutnya adalah sastra Inggris. Jurusan yang satu ini akan membuat anda berkembang secara internasional. Anda akan mempelajari banyak hal dengan menggunakan bahasa Inggris. Jurusan yang satu ini sangat cocok untuk anda pilih bilamana anda suka dengan mapel Bahasa Inggris saat masih di sekolah SMA.

11. Tata Busana
Anda juga dapat memilih jurusan tata busana sebagai salah satu jurusan yang mempelajari soal produksi, mendesain, belajar membuat pola dan lain sebagainya yang berhubungan dengan busana. Bagi anda yang suka sekali dengan jurusan seni budaya, jurusan ini sangat cocok untuk anda pilih.

Prospek kerja yang dihasilkan bilamana anda mengambil jurusan yang satu ini juga cukup efektif. Beberapa diantaranya seperti fashion designer, fashion stylist, dan lain sebagainya. Jurusan ini sangat cocok untuk anda pilih bila menyukainya.

12. Hukum
Salah satu jurusan yang cukup populer dan menjadi daya tarik para calon mahasiswa  adalah jurusan hukum. Disini anda akan mempelajari seputar hukum baik teori maupun prakteknya. Untuk prospek kedepannya juga sangat baik, anda bisa menjadi pengacara, sekretaris legal, asisten legal, dan lain sebagainya. Akan sangat efektif bila anda mengambil jurusan yang satu ini.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS"