Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mendapatkan beasiswa dengan mudah

Cara mendapatkan beasiswa dengan mudah


Karena semakin maju teknologi dan semakin ketat persaingan, sebagian orangtua sering berpikir keras untuk membiayai sekolah anaknya, mereka selalu mengerahkan kerja keras untuk mendapatkan uang yang bisa mencukupi kebutuhan anaknya. Seperti sekolah kedokteran.

Sekolah kedokteran memang terkenal tinggi dalam hal biaya kuliah, faktor yang menyebabkan biaya menjadi semakin mahal antara lain adalah prasarana pendukung paktikum, materi yang diajarkan, hal ini juga berkaitan dengan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran tahun 2013.

Sebenarnya peluang mahasiswa untuk membantu orangtuanya sangat banyak, antara lain adalah mendapatkan beasiswa, hal ini bisa memudahkan bagi para orangtua yang tidak bisa membayar biaya perkuliahan, kuncinya anda harus lebih giat dalam mencari informasi, harus rajin, semangat, displin, dan komitmen demi mendapatkan beasisiwa.

Tujuan beasiswa ini adalah untuk memahami pendidikan sesuai passion mahasiswa.

Beasiswa dibagi menjadi 2, yaitu 

1. Beasisawa total 
Beasiswa total adalah beasiswa yang mencakup semua kebutuhan mahasiswa, mulai dari asuransi, biaya makan, tempat tinggal dan lain lain

2. Beasisawa parsial
Beasiswa parsial adalah beasiswa yang hanya menutupi biasa sekolah saja atau bisa dikatakn hanya meringankan sebagian biaya, bagi anda yang menerima beasiswa ini, andaa masih perlu membayar biaya sebagian lagi.

Apa saja jenis beasiswa ?  

Berdasarkan Tujuannya

1. Beasiswa bantuan
Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang bisa dikatakan kurang mampu dalam membiayai, tetapi mempunyai nilai akademik yang baik, sehingga pendidikannya bisa dilanjutkan.

2. Beasiswa penghargaan 
Dengan banyak penghargaan yang anda miliki, beasiswa ini dapat anda dapatkan dengan mudah, karena beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa yang memilki prestasi di bidang akademik.

3. Beasiswa Non-akademik
Sekarang tidak hanya beasiswa penghargaan yang diincar oleh banyaknya mahasiswa, anda juga bisa mendapatkan beasiswa dari bidang non-akademik.

Berdasarjkan Yang Memberi

1. Beasiswa dari pemerintah
Beasiswa ini di tawarkan dari pemerintah, secara umum beasiswa ini di tujukan ke mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang non-akademik.

2. Beasiswa dari perguruan tinggi
Beasiswa yang satu ini biasanya diberikan kepada mahasiswa yang sudah terdaftar di perguruan tinggi.
Untuk mendapat beasiswa ini, anda harus  mengoptimalkan prestasi dan nilai akademik yang anda punya, ada baiknya anda mencari tahu lebih seputar beasiswa di kampus yang anda tempati.

3. Beasiswa internasional
Beasiswa ini adalah beasiswa yang bisa mendapatkan tunjangan secara internasional, jika anda ingin mengambil beasiswa ini anda juga harus menguasai bahasa inggris dan mahir TOEFL/ILETS.

4. Beasiswa swasta
Banyak orang ragu dalam menentukan beasiswa, hal ini malah akan membuat kemampuan anda terpendam, maka dari itu sebaiknya anda harus menanamkan sifat berani dan percayadiri untuk mencari perusahaan yang bisa memberikan anda beasiswa 

Manfaat beasiswa

1. Meringankan biaya sekolah
Meringankan biaya sekolah merupakan hal yang menyenangkan, karena mahasiswa tidak lagi memikirkan biaya untuk sekolah, tentu hal ini membuat tingkat belajar mahasiswa lebih meningkat.

2. Mahasiswa akan terlatih untuk belajar lebih giat
Dengan diberikannya beasiswa, anda diharapkan untuk bisa belajar lebih giat lagi, karena jika nilai anda ternyata lebih buruk, maka anda tidak lagi mendapatkan beasiswa. Maka dari itu jika anda memiliki beasiswa anda juga harus punya jaminan prestasi untuk bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi

3. Mendapatkan pekerjaaan dengan mudah
Dengan meraih beasiswa dan banyak penghargaan anda pasti akan bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih mudah, kondisi ini berlaku ketika anda dibutuhkan untuk menjadi pekerja di sebuah perusahaan yang telah memeberikan anda beasiswa. 

Berikut  langkah langkah mendapatkan beasiswa dengan mudah.

1. Lihat peluang beasiswa
Jika anda ingin meraih beasiswa dengan mudah, cobalah untuk melihat semua peluang-peluang beasiswa yang sesuai dengan kemampuan anda, atau anda bisa mengajukan kemampuan anda dalam bidang akademik maupun non-akademik pada pemerintah atau perusahaan-perusahaan yang sering memberikan beasiswa. Dengan mengajukan prestasi yang anda raih, pasti tidak akan sia-sia jika digunakan untuk mendapatkan beasiswa.

2. Lebih giat belajar
Sebagai penerima beasiswa anda mesti harus meningkatkan kegiatan belajar, hal ini wajib bagi anda yang sudah menerima beasiswa dari pemerintah maupun perusahaan swasta. Berusahalah untuk memperbaiki kesalahan yang anda lakukan di setiap evaluasi, anda juga tidak boleh cepat putus asa, karena ini menyebabkan anda malas dalam belajar dan bisa saja pemberi beasiswa akan memberhentikan beasiswa tersebut.

3. Tingkatkan bahasa inggris
Di zaman yang lebih maju, semakin banyak kampus yang menggunakan bahasa inggris untuk mengasah mahasiswa yang ingin mengambil beasiswa ke luar negeri. Selain anda akan berpengalaman di belajar di luar negeri, anda juga pasti akan merasakan cara pembelajaran, mengenal budaya, dan merasakan sensasi belajar di negeri orang lain, dan ini hanya karena anda bisa menguasai bahasa inggris.

4. Gunakan internet
Jika anda sudah mendapatkan beasiswa, wajib hukumnya anda untuk mencari informasi, gunakanlah internet untuk mencari tahu lebih, dan usahakan anda tidak meninggalkan informasi yang berguna. Jangan pernah anda malu jika ingin menanyakan seputar beasiswa pada orang yang lebih berpendidikan, karena mereka juga pasti akan membantu kita. Tanyakanlah tips-tips pada mereka agar bisa mendapatkan beasiswa dengan mudah dan tentukanlah beasiswa yang sesuai kemampuan anda.

5. Tingkatkan kemampuan
Sempurnakanlah nilai anda dalam bersaing, penuhi semua standar nilai akademis untuk bisa membantu anda tetap berada di zona aman.
Penilaian juga tidak hanya di segi nilai, tetapi dari kegiatan seperti organisasi, sosial, dan lain lainnya. Semangatlah untuk bisa meraih poin tertinggi di nilai akademis, dan usahakanlah agar nilai anda tidak menurun.

6. Buat cv dan portofolio 
Buatlah cv dan portofolio jauh-jauh hari, tujuannya supaya perusahaan atau kampus yang anda tuju bisa mengetahui pengalaman anda dalam hal akademik. Anda bisa membuat cv dan portofolio itu menjadi lebih menarik, hal ini bertujuan untuk menarik pemberi beasiswa membaca cv anda.  Sebaiknya sebelum anda membuat cv, cari terlebih dahulu format cv yng sesuai untuk pengajuan beasiswa. Ada baiknya jika anda menyertakan essai di cv anda, itu akan membuat nilai anda menjadi bertambah.

7. Tingkatkan kemampuan bicara
Disetiap interview anda akan diminta untuk wawancara, dan tidak sedikit pihak yang menilai anda dalam hal ini, maka dari itu ada baiknya jika anda memperbaiki daya bicara, supaya para pihak percaya bahwa anda memang benar- benar pantas untuk mendapatkan beasiswa.

8. Yakinkan pilihan anda
Keraguan merupakan hal yang tidak boleh terjadi, meski hanya terlintas dalam pikiran anda. Pikirkan sebaik mugkin pilihan anda dan yakinkanlah bahwa pilihan anda itu tepat. 
Jika ana sudah yakin, maka kemungkinan besar peluang anda untuk mrndapatkan beasiswa menjadi lebih mudah dan lebih siap.

Mungkin pembelajaran ini bisa membantu anda untuk bisa mendapatkan beasiswa menjadi lebih mudah.

Kesimpulan: Banyaklah berdoa kepada Tuhan agar bisa dilancarkan semua urusannya.

Posting Komentar untuk "Cara mendapatkan beasiswa dengan mudah"