Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Lantai yang terbuat dari Kayu


gambar cara membersihkan lantai kayu
Mmbersihkan lantai kayu

Terbuat dari material apa pun lantai rumah Anda, rawatlah secara benar. Artikel ini menyajikan informasi cara membersihkan lantai kayu dengan baik dan benar.
Berbeda jenis lantai, berbeda pula cara perawatannya. Menerapkan cara membersihkan lantai yang salah bisa justru merusak lantai. Informasi berikut ini menunjukkan langkah-langkah membersihkan lantai dan produk atau bahan pembersih yang bisa dipakai berdasarkan jenis lantai.
Cara Membersihkan Lantai Kayu
Bahan kayu, sebagaimana material alami lainnya, rentan rusak jika tidak dirawat secara benar. Sebelum Anda membersihkan lantai kayu, Anda perlu memastikan apakah lantai tersebut berlapis bahan kedap air atau tidak. Cara perawatan lantai kayu berbeda menurut bahan pelapisnya.
Jika lantai kayu Anda berlapis bahan kedap air, Anda bisa mengepelnya tanpa perlu khawatir merusaknya. Langkah-langkahnya:
 
  1. Sapu atau sedot debu dan kotoran agar tidak menggores lantai ketika dipel.
  2. Larutkan cairan pembersih lantai kayu di dalam seember air hangat. Ikuti aturan pakai pada label kemasan produk.
  3. Basahi kain atau alat pel dan peras hingga tidak ada air menetes. Meskipun berlapis bahan kedap air, genangan air di lantai kayu sebaiknya dihindari.
  4. Pel lantai dengan cara memutar lap atau alat pel di atas lantai.
  5. Keringkan lantai dengan lap kering dan bersih.
  6. Perawatan lantai kayu yang tidak berlapis bahan kedap air sedikit berbeda. Anda perlu lebih cekatan agar lantai tidak terlalu basah dan tidak terlalu lama terpapar air. Langkah-langkahnya:
  7. Sapu atau sedot debu dan kotoran agar tidak menggores lantai ketika dipel.
  8. Campur cairan pembersih lantai kayu dan sedikit air. Baca dan ikuti petunjuk pemakaian pada kemasan produk.
  9. Sekadar buat kain pel agak lembap dengan campuran tersebut.
  10. Usapkan pada lantai dan segera lap bagian yang sama dengan lap kering dan bersih.
Beberapa lantai tampak berbahan kayu, padahal sebenarnya berbahan sintetis yang menyerupai kayu atau disebut laminasi. Bahan ini lebih tahan lama dan lebih mudah dirawat. Berbeda dari cara membersihkan lantai kayu yang memerlukan cairan pembersih lantai kayu khusus, Anda bisa memakai produk pembersih lantai keramik biasa untuk lantai laminasi. Hal yang paling penting diingat ketika mengepel lantai laminasi adalah menjauhkannya dari genangan air, jadi segera keringkan lantai laminasi yang baru dipel. Terlalu banyak air bisa menyebabkan lantai laminasi menggembung.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Lantai yang terbuat dari Kayu"